Blog Belajar Office

Media Belajar Word, Excel. Powerpoint, Access

Mengurutkan huruf abjad di Microsoft Excel

Belajar cara mengurutkan data di Microsoft Excel, jadi pada umumnya data-data yang diolah dengan aplikasi Microsoft Excel itu dibuat secara terurut, hal ini bertujuan untuk memudahkan orang dalam membaca sebuah laporan misalnya pada laporan absensi, jika laporan absensi tidak dibuat secara terurut maka orang yang membaca laporan absensi tersebut menjadi kesulitan dalam memahami laporan tersebut, jadi sangat penting sekali bagi kita untuk mengetahui cara membuat data secara terurut pada microsoft Excel

Untuk membuat data secara terurut pada Microsoft Excel, kita bisa menggunakan fitur sortir, secara garis besar fitur sortir yang ada pada Microsoft Excel terbagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut :

1. Sortir berdasarkan Abjad
Sortir berdasarkan abjad ini artinya kita mengurutkan data berdasarkan huruf abjad, pengurutan berdasarkan abjad ini biasanya dilakukan untuk mengurutkan nama orang atau nama produk, sortir berdasarkan abjad ini terbagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut :

a. Sort A – Z
Sortir ini digunakan untuk mengurutkan data dari abjad awal yaitu (A) sampai abjad akhir (Z), adapun cara mengurutkan data dari abjad awal sampai abjad akhir yaitu dengan memblok cell data yang kita inginkan lalu klik sort A-Z, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini

Setelah kitaklik sort A-Z maka akan muncul message box, kita diminta untuk memilih apakah kita ingin pengurutan yang relevan atau tidak, jika kita ingin mengurutkan secara relevan maka nilai masing-masing data tidak berubah, dengan kata lain nilai Ms Word, Ms Excel, Ms Powerpoint akan ikut berpindah sesuai dengan namanya, adapun caranya bisa dilakukan dengan memilih Expand the Selection lalu klik Sort 

Setelah kita klik sort maka data akan terurut dari abjad awal sampai abjad akhir, dalam hal ini nilai masing-masing data tidak berubah karena tadi kita memilih pengurutan secara relevan, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini
 
 
b. Sort Z – A
Sortir ini digunakan untuk mengurutkan data dari abjad akhir yaitu (Z) sampai abjad awal (A), adapun cara mengurutkan data dari abjad akhir sampai abjad awal yaitu seperti pada gambar dibawah ini

Setelah kita klik sort Z-A maka akan muncul message box, kita diminta untuk memilih apakah kita ingin pengurutan yang relevan atau tidak, jika kita ingin mengurutkan secara relevan maka nilai masing-masing data tidak berubah, dengan kata lain nilai Ms Word, Ms Excel, Ms Powerpoint akan ikut berpindah sesuai dengan namanya, adapun caranya bisa dilakukan dengan memilih Expand the Selection lalu klik Sort


Setelah kita klik sort maka data akan terurut dari abjad akhir sampai abjad awal, dalam hal ini nilai masing-masing orang tidak berubah karena kita memilih pengurutan yang relevan, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini


Semoga cara mengurutkan data di microsoft excel ini bermanfaat
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengurutkan huruf abjad di Microsoft Excel"