Blog Belajar Office

Media Belajar Word, Excel. Powerpoint, Access

Membuat Password Dokumen Excel

Memprotect atau membuat password dokument excel terkadang diperlukan, dimana jika dokument ms excel tersebut berisi data rahasia yang tidak boleh diketahui orang lain, untuk itu supaya aman kita bisa memprotectnya dengan password. Atau bisa juga dokument tersebut mempunyai hak cipta supaya tidak dicopy dan tidak diubah-ubah sembarangan kita juga bisa memprotectnya.

Protect Excel
Berikut ini langkah-langkah cara memprotect sheet dan worksheet pada microsoft office excel, caranya sangat mudah, ada tiga jenis protect yang bisa kita pilih :

Pertama Encrypt with password jenis proteksi ini digunakan untuk mengunci keseluruhan dokument excel, artinya kita baru bisa membuka dokument setelah menginput password terlebih dahulu. Proteksinya total.

Kedua yaitu Protect current sheet jenis proteksi ini digunakan untuk mengunci hanya sheet saja, dokumen excel masih bisa terbuka namun didalamnya ada yang di protect misalnya data tidak bisa diubah-ubah.
Ada bayak pilihan yang bisa dicellis untuk proteksi diantaranya : select locked cell, select unlocked cells, format cells, format columns, insert columns dsb.

Protect Sheet
Protect workbook Structure digunakan untuk memproteksi sheet-sheet, dokument bisa terbuka namun sheetnya terprotect sehingga tidak bisa dihapus dan juga tidak bisa ditambahkan sheet baru. Masukan passwordnya >>>> kemudian konfirmasi kembali passwordnya.

Tips : Supaya lebih kuat proteksinya gunakan campuran karakter, namun jangan sampai lupa passwordnya.

Dari ketiga proteksi tersebut sobat-sobat bisa memilihnya jika ada dokument excel yang memang perlu dipassword, bisa sheetnya saja, workbooknya atau seluruhnya sesuai kebutuhan.




Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Membuat Password Dokumen Excel"